Senin, 08 April 2013

KARYA TULIS ILMIAH

KARYA TULIS ILMIAH

PENDAHULUAN


1.1    TUPOKSI

Tugas dan tanggung jawab Asisten Fasilitator kecamatan antara lain sebagai berikut:
a.           Membantu Tim Kecamatan dalam melatih aparatur gampong dan tim yang ditunjuk untuk penyusunan RPJMG, RKPG, APBG dan mekanisme pertanggungjawaban.
b.           Memfasilitasi pertemuan-pertemuan antar gampong secara berkala.
c.            Membantu fasilitator kecamatan dalam melaksanakan pemeriksaan kegiatan fisik di lapangan.
d.           Membantu fasilitator kecamatan dalam memberikan bimbingan pada kelompok pemberdayaan masyarakat gampong (KPMG), mengenai kegiatan pemberdayaan, transparansi dan manajemen serta memberikan bantuan teknis kepada fasilitator gampong dan TP-BKPG dalam mempersiapkan syarat-syarat administrasi untuk pencairan BKPG dan ADG.
e.            Memberikan bantuan teknis kepada fasilitator gampong dan pemerintah gampong dalam melaksanakan proses perencanaan dan penganggaran serta penyusunan dokumen-dokumen pendukungnya.
f.             Memberikan bantuan teknis kepada fasilitator gampong, pemerintah gampong, TP-BKPG dan masyarakat gampong dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang bersumber dari APBN, APBA, APBK dan sumber-sumber keuangan lainnya dari Kabupaten/Kota.
g.           Memberikan bantuan teknis kepada fasilitator gampong, pemerintah gampong dan TP-BKPG dalam menyelesaikan laporan dan pertanggung jawaban yang dibutuhkan.
h.           Menyampaikan berbagai permasalahan pelaksanaan program yang masih perlu penanganan lebih lanjut kepada fasilitator kecamatan dan PJOK atau Camat.
1.2                LINGKUP TUGAS
Asisten Fasilitator Kecamatan mempunyai lingkup tugas masing- masing yaitu di Gampong binaan yang telah ditentukan, dan berdomisili disalah satu Gampong binaan. Gampong yang menjadi Gampong binaan lokasi tugas saya sekarang adalah gampong Keude Jeunieb, Dayah Blang Raleu, Janggot Seungko, Meunasah Tambo, Meunasah Keupula

II. PENGALAMAN FASILITASI DAN PENDAMPINGAN PROGRAM PNPM-BKPG
Selama bertugas sebagai Asisten Fasilitator Kecamatan, banyak pengalaman- pengalaman yang telah kami alami dalam memfasilitasi dan pendampingan  baik itu yang menyenangkan, mengesankan dan menambah wawasan  maupun kurang menyenangkan.
Pengalaman yang menyenagkan yang pertama kami dapat adalah memahami program, terjun langsung kemasyarakat, bisa dan terbiasa berbicara dalam forum di depan orang banyak, mengenal banyak orang, banyak  tahu beberapa hal yang dulunya asing dibidang kami masing masing misalnya masalah pelelangan material, pembukuan dan lain-lain. Sedangkan pengalaman yang kurang meyenangkan yang kami alami adalah ada anggota masyarakat yang susah sekali memahami program dan banyak terjadi hal- hal yang tidak kita inginkan seperti pertikaian antar kelompok atau antar individu, keluar kata- kata yang kurang berkenan kita dengar. Kami maklum kesemuanya itu imbas dari masa lalu akibat konflik berkepanjangan. yang terpenting sebagai Fasilitator kami bertekat akan berusaha sekuat tenaga berperan memberikan penerangan, bimbingan, terapi psikologis, dan penyadaran agar masyarakat yang tidak tahu menjadi tahu dan sadar untuk berubah.






III. HASIL YANG  DICAPAI SELAMA BERTUGAS
a. Perkembangan fisik PNPM MPd – BKPG
Banyak perkembangan fisik yang telah dicapai semenjak bertugas yaitu Pertengahan tahun 2010 sampai realisasi Awal Tahun 2011. Pembangunan sarana parasarana yang telah dibangun di Gampong - gampong baik itu dari dana PNPM maupun dana BKPG antara lain :  Pada tahun 2010 PNPM melalui proses Optimalisasi di Kecamatan Jeunieb yang terdanai hanya 16 Gampong dari 43 gampong, termasuk 2 Gampong yang menjadi wilayah Kerja Saya, yaitu Mns. Tambo dan Keude Jeunieb.
Untuk Gampong Mns. Tambo Kegiatanya adalah Plat Beton sebanyak 12 Unit yang tersebar di seluruh Dusun, sedangkan untuk Gampong Keude Jeunieb Kegiatanya juga Plat Beton sebanyak 2 unit.
Sedangkan Kegiatan yang dananya bersumber dari APBA atau yang di sebut dengan dana BKPG yang terealisasi diseluruh gampong melalui dua tahap yaitu tahap pertama tahun 2009 dan tahab kedua tahun 2010.  Dalam hal ini saya hanya menaganai dan memfasilitasi pada tahun anggaran 2010 sedangakan pada tahun 2009 di setiap gampong di fasilitasi oleh Asisten sebelumnya, Pembangunan sarana parasarana yang telah dibangun disetiap gampong antara lain Keude Jeunieb dengan pembangunan fisiknya yaitu Saluran, Janggot Seungko dengan pembangunan fisiknya juga saluran, Dayah Blang Raleue dengan pembangunan fisiknya yaitu Saluran , Mns. Tambo dengan pembangunan fisiknya yaitu Perkerasan Jalan, Mns. Keupula dengan pembangunan fisiknya juga Perkerasan Jalan.

  1. Perkembangan kelompok SPP (  PNPM MPd – BKPG )
Dari tahun 2007 samapi 2011 kelompok SPP di Kecamatan Jeunieb Kab Bireuen Terus Bertambah, sampai Saat ini Kelompok SPP yang di dania baik anggaran Tahunan Maupun Perguliran berjumlah 65 Kelompok.
Sedangkan dari dana BKPG 2009 dan 2010 setiap gampong sudah terbentuk 2 dan tiga kelompok yang tersebar di 43 Gampong. Jadi jumlah kelompok keseluruhan yang terdanai dari dana Program BKPG Baik dari BKPG 2010 maupun BKPG Lanjutan 2010 Untuk wilayah kerja saya yang terdiri dari 5 gampong adalah Sepuluh (10) kelompok.
  1. Pengembangan kelembagaan masyarakat dan pemerintahan gampong
Kelembagaan gampong yang sudah terbentuk dan berperan di gampong- gampong antara lain BPD/Tuha peut, Pemerintahan Gampong dengan Strukturnya dan fungsi masing-masing sudah berjalan lebih baik dari sebelumnya, Kepemudaan, PKK, dan Kelompok SPP.

  1. Capasity building/ pelatihan masyarakat
Pelatihan – pelatihan yang telah di fasilitasi antara lain pelatihan KPMD, pelatihan Kelompok SPP, Pelatihan Ketua TPK/TP-BKPG, Pelatihan Geuchiek, Pelatihan Tuha Peut, Pelatihan Bendahara Gampong.

  1. RPJMG/ RKPG
                 Penyusunan RPJM-Desa pada dasarnya adalah proses kegiatan sesuai tahapan secara sistematis. Mulai dari Persiapan, Identifikasi para pihak pemangku kepentingan, Pengkajian keadaan dan kecenderungan perkembangan gampong, Pengkajian potensi, masalah dan daya dukung, Perumusan tujuan, Perumusan program dan kegiatan, Penetapan waktu dan penanggung jawab pelaksanaan kegiatan, Perumusan alat ukur pencapaian tujuan.
                      Tahapan – tahapan yang telah dilakukan dalam Review / Kegiatan Penyusunan RPJMG/RKPG sesuai dengan Permendagri Nomor 66 Tahun 2007 yaitu mulai dari Persiapan Memastikan terbentuknya Tim Penyusun RPJMG, Memastikan tersedianya hasil –hasil Pengkajian Keadaan Gampong  sebagai bahan pembahasan / penyusunan Rancangan RPJMG, Menetapkan jadwal dan agenda Rapat Tim Penyusun, Menyiapkan sarana, alat dan kebutuhan lainnya untuk mendukung kelancaran Rapat Tim Penyusun. Kemudian Pengkajian Keadaan Gampong : Kegiatan ini bertujuan untuk menggali secara objektif, lengkap dan cermat: Potensi desa, Permasalahan yang dihadapi, Kebutuhan masyarakat melalui Proses Memfasilitasi masyarakat dalam pertemuan di tingkat kelompok atau dusun untuk menemukenali potensi, masalah dan kebutuhan masyarakat dengan menggunakan alat kaji tersebut diatas, Memfasilitasi masyarakat dimaksud melakukan pengelompokan dan penentuan peringkat masalah, Memfasilitasi masyarakat dimaksud melakukan pengkajian  Tindakan Pemecahan Masalah, Memfasilitasi masyarakat dimaksud melakukan Penentuan Peringkat Tindakan kemudian diperoleh Hasil dari kegiatan ini adalah:
Data Potensi Desa, Data Permasalahan dan Data Kebutuhan / Peringkat Tindakan Sesuai matrik lampiran Permendagri No. 66 Tahun 2007. Kemudian juga telah dlakukan tahapan Penyusunan Rancangan RPJMG. Penyusunan Rancangan RPJMG dilakukan dalam ‘Rapat Tim Penyusun, yang dipimpin oleh Kepala Desa dari Kegiatan penyusunan menghasilkan Dokumen Rancangan (Awal) RPJMG. Kemudian telah dilakukan juga Pembahasan Rancangan RPJMG Rancangan (Awal) RPJMG  dibahas bersama masyarakat dalam Forum Musrenbang Gampong tentang RPJMG yang telah selesai dilaksanakan didalam bulan Agustus 2010. Hasil dari  proses pembahasan dimaksud adalah Rancangan (Akhir) RPJMG. kemudian tahapan Penetapan Rancangan RPJMG Rancangan (Akhir) RPJMG  ditetapkan dalam Forum Rapat BPD, yang diselenggarakan oleh dan sesuai Peraturan Tata Tertib BPD. Rancangan (Akhir) RPJMG ditetapkan dan disahkan dengan Peraturan Desa (Perdes). Dan tahapan Penyusunan dan penetapan RKPG tahunan telah selesai dilakukan Dalam Musrenbang Gampong tentang Rencana Kegiatan Pembangunan Gampong Tahun 2011 pada Januari 2011.           
  1. Penanganan masalah
Selama dalam program PNPM-BKPG ada beberapa masalah yang timbul antara lain masalah managerial dan masalah implementasi program. Masalah managerial yang menyebabkan suatu kondisi tidak berjalan secara optimal antara lain Pembukuan TPK/ TP-BKPG tidak tertib dan Pemanfaat/ kelompok SPP tidak membayar  cicilan pinjaman atau terjadi penunggakan. Semua itu dapat ditangani dengan pembinaan dan pendampingan.






IV. RENCANA KERJA TAHUN 2011
Untuk tahun 2011 PNPM-BKPG Kecamatan Jeunieb sudah melakukan beberapa tahapan antara lain MAD SOS (Integrasi program) kemudian MD SOS ( Musrenbang Gampong) dan kemudian sudah sampai pada tahap MAD Penetapan / Pendanaan (Musrenbang Kecamatan). Untuk tahun 2011 Dana PNPM untuk kecamatan Jeunieb Sebesar 3 Milyar akan terealisasi Untuk Fisik dan SPP. Untuk Kegiatan Fisik di Kecamatan Jeunieb yang terdanai 10 Gampong yang Dananya berasal dari PNPM Tahun  2011, dan Untuk Kegiatan SPP Berjumlah 17 Kelompok.
Untuk wilayah kerja saya kegiatan fisik hanya 1 Gampong yaitu Mns. Kupula dengan Kegiatan Jalan Rabat  Beton dan Untuk SPP yaitu  Mns. Tambo dengan jumlahnya 3  kelompok.
Untuk tahapan Selanjutnya yang Sedang dilakuakan adalah MD Informasi hasil MAD, Perivikasi kelompok SPP, Pelatihan KPMD, Pelatihan TPK , Musyawarah Pra pelaksanaan (RPP), Pencairan dana kedesa, pelaksanaan kegiatan,  MD pertanggung jawaban dan MD serah terima.

V. KESIMPULAN DAN SARAN
Demikiaanlah sedikit banyak outline karya tulis yang kami susun mulai dari tupoksi kami Asisten Fasilitator kecamatan, lingkup tugas kami di kecamatan dan lokasi tugas kami, pengalaman kami sebagai fasilitator dalam memfasilitasi dan mendampingi masyarakat, hasil yang dicapai selama bertugas baik itu hasil dari pembangunan fisik, kelompok SPP, pengembangan kelembgaan, pelatihan masyarakat, review RPJMG, Penanganan masalah dan rencana kegiatan untuk kedepan tahun 2011.
Untuk kedepan kami mohon apabila ada kekurangan- kekurangan dari kami masalah fasilitasi dan pendampingan, kami mohon banyak bimbingan dan pelatihan peningkatan kapasitas kami sebagai Asisten Fasilitator.

0 comments:

Poskan Komentar