Jumat, 08 Maret 2013

CONTOH JURNAL KEGIATAN MAHASISWA



JURNAL KEGIATAN MAHASISWA

Hari senin tanggal 11 april 2011 merupakan hari pertama praktikan ke sekolah SMP Negeri 3 Sawang dan hari senin pula pengenalan dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah beserta guru-guru yang ada di SMP Negeri 3 Sawang, setelah proses pengenalan selesai barulah praktikan mendapat guru pamong masing-masing.
Hari selasa tanggal 12 april 2011 merupakan hari kedua praktikan ke sekolah SMP Negeri 3 Sawang dan mendapatkan pengarahan dari guru pamong Ibu Nurbaiti, S.Pd dan hari itu pula beliau memberitahukan kelas-kelas yang akan praktikan mengajar beserta rosternya.
Pada hari rabu tanggal 13 april 2011 praktikan mendapat kesempatan untuk mengamati guru pamong mengajar di kelas VIII1 pada jam 1-2 dengan materi puisi, selanjutnya pada jam 3-4 di kelas VIII2 dan pada jam 7-8 di kelas VIII3 dengan materi yang sama.
Pada tanggal 16 april 2011 merupakan hari kedua praktikan masuk kelas untuk mengamati Ibu Nurbaiti mengajar selaku guru pamong, beliau mengajar dengan materi kalimat langsung dan kalimat tidak langsung.
Hari senin tanggal 18 april 2011 praktikan tidak ada jam mengajar di kelas maka Ibu Nurbaiti mengajarkan praktikan dalam menyusun program tahunan, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Selasa tanggal 19 april 2011 praktikan mendapat kesempatan mengajar di kelas VIII1 dengan materi pembelajaran novel remaja tetapi masih dalam tahap pembelajaran terbimbing dengan diawasi oleh Ibu Nurbaiti, S.Pd.
Pada tanggal 20 april 2011 praktikan masih mendapat pelatihan pembelajaran terbimbing di kelas VIII2 dengan materi yang sama yaitu novel remaja.
Sabtu tanggal 23 april 2011 di SMP Negeri 3 Sawang tidak ada proses pembelajaran karena hari tersebut diadakan gotong royong bersama-sama untuk membersihkan lingkungan sekolah karena hari senin ujian anak kelas IX selama seminggu.
Tanggal 30 april 2011 proses pembelajaran sudah berlangsung seperti biasanya setelah seminggu libur dan hari tersebut praktikan mengajar di kelas VII1 menggantikan guru yang tidak hadir.
Senin tanggal 01 mei 2011 praktikan mengikuti upacara seperti biasanya karena setiap senin diadakan upacara bendera, setelah selesai mengikuti upacara praktikan mengajar di kelas VIII3 menggantikan guru yang berhalangan.
Selasa tanggal 03 mei 2011 praktikan mengajar mengajar di kelas VIII1, VIII2, dan VIII3 pada jam yang berbeda dengan materi yang sama yaitu novel remaja tetapi masih diawasi oleh Ibu Nurbaiti, S.Pd.
Tanggal 04 mei 2011 praktikan masih mengajar di kelas VIII2 masih dengan materi pembelajaran seperti kemarin karena materi tersebut belum tuntas.
Sabtu tanggal 05 mei 2011 praktikan sudah mengajar secara mandiri artinya tidak ada lagi guru pamong yang mengamati di belakang semua proses belajar mengajar sudah sepenuhnya diberikan kepada praktikan.
Tanggal 09 mei 2011 setelah selesai mengikuti upacara bendera, praktikan mengajar di kelas VII1 dengan mata pelajaran Bahasa Inggris menggantikan Ibu yang tidak hadir.
Selasa tanggal 10 mei 2011 praktikan mengajar di kelas VIII1, VIII2, dan kelas VIII3 pada jam yang berbeda dengan materi yang sama yaitu tentang penulisan naskah drama.
Rabu tanggal 11 mei 2011 praktikan mengajar di kelas VIII1 dan kelas VIII3 dengan materi yang baru yaitu tentang poster dan iklan.
Pada tanggal 14 mei 2011 praktikan memberikan  ulangan umum kepada siswa kelas VIII1 dan kelas VIII2 untuk melihat sejauh mana kemampuan yang telah di miliki siswa dalam materi yang telah praktikan ajarkan.
Senin tanggal 16 mei 2011 setelah selesai mengikuti upacara bendera, karena hari senin praktikan tidak ada jam mengajar maka praktikan masuk pustaka.
Tanggal 17 mei 2011 praktikan mengajar di kelas VIII1, VIII2, dan kelas VIII3 praktikan mengulangi materi tentang poster dan iklan karena banyak siswa yang belum mengerti. Pada hari tersebut praktikan mengajar dan dinilai oleh guru pamong untuk melihat kelayakan praktikan dalam mengajar.
Tanggal 18 mei 2011 praktikan mengajar di kelas VIII2 masih sama dengan materi kemarin, dan di akhir pembelajaran praktikan memberikan tugas kepada siswa berupa soal-soal.
Tanggal 20 mei 2011 praktikan mengajar di kelas VIII1 dan kelas VIII3 masih dengan materi iklan dan di akhir pembelajaran praktikan juga memberikan tugas untuk siswa berupa soal-soal.
Senin tanggal 23 mei 2011 setelah praktikan mengikuti upacara bendera yang rutin dilakukan setiap senin pagi, karena hari senin praktikan tidak ada jam untuk mengajar maka praktikan masuk pustaka untuk membaca buku yang praktikan perlukan.
Tanggal 24 mei 2011 praktikan mengajar di kelas VIII1, VIII2, dan kelas VIII3 dengan jam yang berbeda. Praktikan memberikan ulangan remedial kepada siswa untuk menilai kemampuan mereka dalam menanggapi pelajaran yang telah diberikan.
Tanggal 25 mei 2011 praktikan mengajar di kelas VIII2 tetapi sudah masuk ke materi yang baru yaitu tentang menulis pengalaman pribadi, karena materi sebelumnya sudah praktikan anggap selesai.
Tanggal 28 mei 2011 praktikan mengajar di kelas VIII3 dan kelas VIII1 dengan materi menulis pengalaman pribadi.
Tanggal 30 mei 2011 praktikan masuk pustaka dan laboratorium untuk melihat buku-buku dan alat-alat yang ada di dalam pustaka dan laboratorium untuk menyesuaikan dengan laporan yang sudah praktikan buat.
Tanggal 31 mei 2011 praktikan mengajar di kelas VIII1, VIII2 dan VIII3 dengan materi pengalaman pribadi, dan di akhir pertemuan praktikan member PR.
Hari rabu tanggal 01 juni 2011 praktikan mengajar di kelas VIII2, hari tersebut merupakan hari terakhir praktikan mengajar, maka pada hari itu praktikan mengajar dengan dinilai oleh guru pamong tentang kelayakan praktikan dalam mengajar untuk mendapat nilai akhir selama praktikan melakukan praktik pengalaman lapangan (PPL).
Sabtu tanggal 04 juni 2011 di SMP Negeri 3 Sawang tidak ada proses pembelajaran. Karena ada kegiatan gotong royong untuk membersihkan lingkungan sekolah, karena hari senin siswa kelas VII dan VIII akan mengikuti ujian kenaikan kelas.
Senin tanggal 06 juni 2011 merupakan hari pertama ujian anak kelas VII dan VIII, hari tersebut praktikan mendapat kesempatan mengawas ujian di kelas VIII1 di ruang 4 dengan pengawas dari SMP Negeri 3 Sawang yaitu Pak Murthala, S. Pd.
Pada hari selasa tanggal 07 juni 2011 praktikan mendapat kesempatan mengawas ujian anak kelas VIII2 di ruang 5 dengan pasangan mengawas Ibu Nurbaiti, S. Pd.
Tanggal 08 juni 2011 praktikan mengawas ujian anak kelas VIII3 di ruang 6 dengan pasangan mengawas Ibu Maryati, S.Pd. Selanjutnya tanggal 9 sampai tanggal 17 praktikan tidak hadir ke sekolah karena tidak ada kegiatan di sekolah.

Tanggal 18 juni 2011 tepatnya hari sabtu merupakan hari terakhir praktikan berada di sekolah karena hari tersebut merupakan hari terakhir, maka praktikan mengadakan acara perpisahan dengan kepala sekolah beserta seluruh guru-guru yang ada di SMP Negeri 3 Sawang. Acara perpisahan kami adakan setelah pembagian rapor anak kelas VII dan VIII selesai.


















BIODATA PENULIS

         3 x 4
Penulis Nurfaizah lahir pada tanggal 17 maret 1989 di desa    Punteuet Kec. Sawang, merupakan anak ke empat dari lima bersaudara dari Bapak Arrahman dan Ibu Fauziah. Memulai Pendidikan Sekolah Dasar (SD) Negeri 17 Sawang pada tahun 1994/1995 dan memperoleh ijazah pada tahun 2000/2001. Kemudian melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Utara. Lulus pada tahun 2004/2005, melanjukan pendidikan ke Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara memperoleh ijazah tahun 2007 di Universitas Almuslim (UNIMUS) Kabupaten Bireuen Pada Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pada tahun 2011 melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 3 Sawang Kabupaten Aceh Utara.

1 comments:

Poskan Komentar